Artikel

Kenali Sistem Pembelajaran di PKBM 

January 26, 2024

PKBM atau Sekolah Paket saat ini mulai menjadi pilihan atau alternatif yang tepat untuk masyarakat yang putus sekolah, tidak punya Ijazah dan ingin melanjutkan sekolah. PKBM dirancang khusus untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan pendidikan yang setara. Lalu bagaimana ya sistem pembelajaran di PKBM? Sobat Pelita, yuk, kenali sistem pembelajaran di PKBM atau Sekolah Paket. 

Pada umumnya sistem yang digunakan di PKBM hampir sama yaitu adanya guru yang mendampingi pembelajaran, adanya ruang kelas dan pembelajaran seperti sekolah formal. Sebagian besar Peserta Didik di PKBM adalah karyawan, maka PKBM memberikan keringanan berupa pilihan program belajar. Program belajar ini dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Sobat Pelita yaitu Program belajar Kelas Reguler dan Kelas Mandiri. Klik disini untuk membaca lebih lengkap perbedaan Kelas Reguler dan Kelas Mandiri.

Peserta Didik kelas mandiri maupun Kelas Reguler memiliki persamaan penilaian dalam penugasan, ujian dan keaktifan dalam proses pembelajaran. Untuk Kelas Mandiri, proses pembelajaran dilakukan melalui LMS yaitu Learning Management System. Baca selengkapnya mengenai LMS disini. Setelah dilakukan proses pembelajaran selama satu semester, maka. PKBM akan menyelenggarakan Ujian Semester untuk penilaian akhir pembelajaran. Setelah ujian selesai, seluruh Peserta Didik akan mendapatkan Raport.

Tentunya setiap pilihan Program Belajar memiliki kelebihannya masing-masing. Sobat Pelita hanya perlu menentukan Program Belajar mana yang sekiranya tepat dengan ketersediaan waktu Sobat Pelita untuk belajar. Jika Sobat Pelita masih bingung tenang aja, mimin akan membantu Sobat Pelita untuk menemukan Program Belajar yang pas. Yuk, datang langsung ke PKBM Pelita Pratama atau chat mimin via WA ke 08222214473. Mimin tunggu ya..

Kata kunci: , , , , , , , , , , , , , , , ,